Taman Budaya Lampung Lakukan Revitalisasi

Pergelaran seni tradisi Lampung di Teater Terbuka Taman Budaya Lampung,(TBL) Jl. Cut Nyak Dien
Bandarlampung, Selasa (19/11) menandai revitalisasi TBL. (Foto:Prana Sukma Adji)


BANDARLAMPUNG, teraslampung.com--Taman Budaya Lampung akan menggelar pekan Seni Budaya Lampung. Gelaran seni budaya itu untuk merevitalisasi Taman Budaya yang kian dilupakan.

Ketua Taman Budaya Lampung, Yusup Rusman mengatakan, selain untuk melestarikan seni dan budaya Lampung, gelaran tersebut juga untuk merevitalisasi Taman Budaya Lampung agar kembali menjadi pusat kesenian dan kebudayaan di Lampung.

"Dahulu Taman Budaya Lampung adalah pusat kesenian dan semacam kawah candradimuka untuk dunia kesenian di Lampung. Sangat disayangkan kini mulai dilupakan," katanya, usai pembukaan Gelar Seni Budaya Lampung di Taman Budaya Lampung, Selasa (19/11/2013).

Pembukaan gelaran seni dan budaya yang akan dilaksanakan selama tiga hari, Selasa-Kamis, 19 - 21 November itu berlangsung meriah. Tari tradisional yang dikreasikan diiringi musik tetabuhan tradisional dan orkestra menjadi hiburan dalam pembukaan tersebut.

Gelaran yang diikuti oleh seluruh kabupaten di Lampung itu juga menggelar pameran lukisan, pentas teater, bazar, dan dialog seni budaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung, Gatot Hudi Utomo mengatakan, tidak mungkin menahan gencaran kebudayaan modern seiring globlisasi. Namun, seni tradisional dipastikan tidak akan hilang. "Selama rasa atau taste masih ada, seni tradisional tidak akan hilang," katanya.

Untuk itu, tambahnya, diharapkan seniman mampu beradaptasi terhadap kebudayaan modern serta mampu berkolaborasi.

"Manfaatkan Taman Budaya Lampung ini sebagai laboratorium seni budaya. Silakan bereksperimen," pungkasnya.

Penulis: Prana Sukma Adji

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 CONTOH TAMPILAN | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan