Tujukan Olahraga demi Kesehatan

Anda senang berolahraga? Jika iya, tetapkan tujuan Anda ingin berolahraga karena sehat atau memburu kemenangan. Spesialis Kedokteran Olah Raga dr Michael Triangto, SpKO, menjelaskan, tujuan olahraga itu tak selalu sama sehingga kita harus menentukan tujuan dari olahraga.

Ia mengatakan, jika seseorang berusaha untuk menyelesaikan lomba, berarti orang itu akan menyisihkan tujuan untuk mendapatkan nilai kesehatan karena memang tujuannya ingin menang. Beda halnya jika orang ingin sehat, maka tak boleh berharap menang.

"Dari sana dapat kita ketahui bahwa olahraga itu tidak selalu sama dan kita harus menentukan tujuan dari olahraga itu sejak awal program. Itu sebabnya saya selalu menggunakan penamaan sports therapy bila ingin mendapatkan nilai kesehatan," kata dr Micahel dan ditulis Senin (28/10/2013).

Menurut dr Michael, definis sports therapy sendiri adalah program pengobatan yang menggunakan olahraga terukur, yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang ataupun membantu proses penyembuhan penyakit tertentu.

"Secara singkat sports therapy adalah untuk pengobatan atau exercise is medicine. Sedangkan olahraga yang dilakukan oleh para atlet itu untuk prestasi ataupun fun. Karena itu terkadang masyarakat tidak cukup hati-hati dalam melakukannnya sehingga berpotensi menyebabkan kematian," kata dr Michael menegaskan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 CONTOH TAMPILAN | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan