Delapan Pasar Jadi Acuan KHL

Bandarlampung, Teraslampung.com -Dewan Pengupahan Kota (DPK) Bandarlampung berencana menggelar survei pada delapan pasar di Bandarlampung. Survei itu untuk menentukan berapa kebutuhan hidup layak (KHL) di Kota Tapis Berseri pada 2014.

Sekretaris DPK Bandarlampung Darmawan Setiabudi mengatakan, delapan pasar yang akan di survei tersebut adalah Pasar Panjang, Pasar Cimeng, Pasar Wayhalim, Pasar Tugu, Pasar Kangkung, Pasar Koga, Pasar Smep, dan Pasar Ramayana.

’’Ya, mungkin pekan depan kami turun ke pasar mengecek harga-harga kebutuhan pokok. Kira-kira hari Kamis (24/10), kami turun ke pasarnya,” ujar dia kemarin.

Menurut Darmawan, dipilihnya delapan pasar tersebut lantaran dinilai banyak banyak warga yang datang ke pasar-pasar itu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Terkait jenis barang dan makanan yang akan disurvei, pihaknya tidak dapat menjelaskan secara rinci. Yang pasti, pihaknya akan mengecek 60 item barang dan makanan sesuai dengan yang diatur menteri tenaga kerja tentang pedoman KHL.

’’Ada banyak yang akan kami survei. Sekitar 60 jenis. Yang pasti, kami akan mengecek berdasarkan aturan dari menteri tenaga kerja tentang pedoman penetapan KHL tahun 2014,” jelasnya.

Darmawan menambahkan, dalam survei nanti, pihaknya melibatkan tiga unsur yang eksis di bidang tersebut. Yakni pemerintah, pengusaha, dan serikat buruh.

’’Setelah melakukan survei, kami akan melakukan persentase dan tabulasi guna menetapkan KHL. Karena untuk menetapkan KHL akan kita lihat persentase rata-rata dari hasil survei pasar. Kemudian baru ditetapkan besarnya KHL di Bandarlampung pada 2014 nanti,” pungkasnya.(rdl)

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 CONTOH TAMPILAN | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan