DKL Siap Luncurkan Portal Berita ‘Warta Seni’

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG—Dewan Kesenian Lampung (DKL) siap meluncurkan portal berita seni pada pertengahan Januari 2014 mendatang. Portal berita beralamat di www.wartaseni.com itu diharapkan benar-benar menjadi kanal informasi para seniman dan budayawan di Lampung dan Indonesia.

Ketua Harian DKL, Hari Jayaningrat, mengatakan portal berita seni milik DKL itu sengaja dibuat umum agar bisa menjangkau publik lebih luas. Isinya, kata Hari, tidak hanya berupa ulasan seni (esai) dan berita seni serius yang benar-benar bernilai ‘art’.

“Seni popular dan  seni tradisi yang hidup di komunitas-komunitas suku di Lampung dan Indonesia pada umumnya pun bisa dipublikasikan. Intinya, kami mengajak publik untuk mengenal dan memperkenalkan seni-budaya,” kata Hari, Senin (30/12).

Menurut Hari, selain melibatkan para seniman yang sudah biasa menulis, portal berita www.wartaseni.com juga akan mengajak para anggota komunitas seni di Indonesia untuk mengirimkan berita.

“Status publik yang menjadi  pengirim berita adalah contributor atau relawan informasi. Pada tahap awal kami memang belum bisa memberikan honorarium untuk tiap berita yang dikirim. Namun, ke depan kami akan berusaha agar setiap kontributor atau relawan,” kata dia.

Beberapa nama seniman ‘top’ Lampung akan turut menggawangi portal berita tersebut. Antara lain Isbedy Stiawan ZS, Iswadi Pratama, Syaiful Irba Tanpaka, Iwan Nurdaya Djafar, Ahmad Yulden Erwin, dan Ari Pahala Hutabarat.

“Kami juga mengundang redakdur tamu dari beberapa daerah di Indonesia. Cita-cita kami adalah menjadikan portal berita ini menjadi rumah bersama bagi para seniman Indonesia. Dengan begitu, pada masa mendatang tidak ada lagi seniman yang merasa susah mendapat akses ke media massa,” kata Hari.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 CONTOH TAMPILAN | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan