Bakauheni Jalur Utama Distribusi Narkoba

LAMPUNG - Pelabuhan penyeberangan Bakauheni, Lampung merupkan  jalur transportasi utama yang menghubungkan Pulau Sumatera – Jawa.  Pelabuhan ini juga sangat vital bagi arus distribusi barang antar kedua pulau.

Karenanya jalur itu juga dimanfaatkan oleh jaringan pengedar narkoba, baik transnasional maupun internasional, untuk menghantarkan barang-barang haramnya. 

"Pelabuhan Bakauheni menjadi titik penting jalur transportasi darat di Sumatera, semua arus transportasi darat akan bermuara disana. Oleh karenanya ada indikasi juga menjadi jalur darat utama pengiriman narkoba," ujar Dirnarkoba Polda Lampung Kombes Edi Swasono pada SP Selasa (17/9). 

Karenanya, untuk menghentikan pendistribusian barang-barang haram itu, pihaknya  telah mengajukan wacana untuk membangun X-ray gate di jalur penyeberangan pelabuhan Bakauheni.

Diharapkan keberadaan alat itu dapat meningkatkan pengawasan terhadap upaya penyelundupan dan pengiriman narkoba. 

Sedangkan satu-satunya alat yang dimiliki untuk mendeteksi di sea port interdiction pelabuhan Bakauheni kita hanya  GT-200 yang kondisinya dikhawatirkan tidak berfungsi dengan baik karena dimakan usia, ujar Alumni Akpol 1990 itu. 

Ia juga menjelaskan pengiriman narkoba dan yang selalu digagalkan petugas di Bakauheni berasal dari  Aceh, Medan dan Pekanbaru tidak saja dikendalilan oleh jaringan lokal tapi juga  jaringan  internasional, biasanya paket narkoba dikirim dari Malaysia masuk ke Indonesia melalui jalur pelabuhan tradisional di Sumatera Utara dan Kepulauan Riau kemudian dikirim menggunakan kurir melalui jalur darat ke Pulau Jawa terutama Jakarta. 

Pos Khusus BNN 
Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Provinsi Lampung, Kombes Pol  Zulkifli mengatakan tahun depan pihaknya akan membuat pos khusus di pintu masuk pelabuhan Bakauheni sebagai tempat  pengawasan atas peredaran narkoba  melalui pelabuhan tersebut. 

Pos Khusus itu nantinya akan digunakan bersama-sama petugas narkotik dari sea port interdiction  Polres Lampung Selatan maupun Polda Lampung dengan harapan mereka akan semakin giat dan cermat mengawasi setiap kendaraan, barang dan manusia  melalui jalur darat itu. 

Selama ini, tambah Kombes Zulkifli, petugas BNN Kabupaten Lampung Selatan sudah ikut bersama dengan petugas sea port interdiction melakukan pengawasan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni.

sumber: suarapembaruan.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 CONTOH TAMPILAN | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan